Senin, 28 November 2016

Jenis Berlangganan Unity3D


5 Hari lalu pada event Unite Europe, Unity mengumumkan akan menghadirkan produk baru pada bulan Juni yang akan mentransisikan pengguna berbayar ke produk dengan beragam tawaran baru.
Unity Technologies yakni perusahaan yang mengembangkan salah satu game engine yang paling banyak digunakan oleh indie game developer, mengumumkan akan merilis jenis berlangganan terbaru untuk para penggunanya.
Jika sebelumnya Unity hanya memiliki 3 jenis akun langganan yaitu Unity Personal(free), Unity Pro, dan Unity Enterprise, maka saat ini Unity menghadirkan 1 jenis langganan baru yakni Unity Plus, menjadikan Unity akan memiliki 4 jenis akun langganan yaitu Unity Personal, Unity Plus, Unity Pro, dan Unity Enterprise.

Dalam akun jenis langganan terbaru yang akan dirilis bulan Juni ini, Unity mengubah fitur-fitur yang ditawarkan produk mereka untuk para penggunanya, jika dulu para pengguna bisa membeli lisensi Unity Pro sekali bayar dengan kisaran $ 1.500 USD sekarang sudah tidak lagi, dan jika dulu para pengguna harus membeli lisensi lain untuk masing-masing platform smartphone Android dan iOS dengan kisaran yang sama yakni $ 1.500 USD sekarang sudah tidak lagi.
Produk baru Unity tersebut dengan jenis akun langganan terbarunya adalah :
Unity Personal – free
Personal bersifat free atau gratis! dan memiliki fitur lengkap yang juga ada di jenis akun Plus maupun Pro. Namun tetap dengan batasan pendapatan dibawah $100k / $ 100.000 USD per tahun.
Unity Plus – $35/bulan untuk 1 tahun berlangganan (untuk bayar pertahun) atau $45/bulan (untuk bayar perbulan)
Sebuah Unity dengan versi baru keseluruhan, didesain untuk individu dan tim yang menginginkan tools untuk membantu mengembangkan dan merilis game komersial dan menghadirkan pengalaman interaktif. Plus memiliki batasan yang sama dengan batasan pendapatan Unity Personal.
Unity Pro – $125/bulan dengan komitmen 1 tahun berlangganan (tidak ada bayar perbulan)
Sebuah Unity yang diimprovisasikan untuk individu profesional dan tim yang butuh fleksibilitas dalam mengembangkan dan merilis game komersial. Tanpa ada batasan pendapatan.
Unity Enterprise
Untuk perusahaan besar yang menginginkan bantuan langsung dari tim Unity serta mendapatkan akses source code.
Seperti yang sudah diberitau sebelumnya, semua jenis akun langganan baik Personal, Plus, Pro maupun Enterprise dapat merilis game ke semua platform termasuk Android dan iOS, tanpa adanya tambahan addon seharga $1.500 USD.
Untuk lebih lengkapnya berikut masing-masing jenis akun langganan serta fitur yang didapatkan.
Untuk pengguna yang sudah berlangganan sebelum harga baru ini diluncurkan, mereka masih tetap bisa menggunakan langganan mereka sampai Juni, 2018. Pengguna dengan lisensi perpetual (lisensi sekali beli) bisa melanjutkan lisensi mereka sampai kapanpun, tetapi Unity akan memberhentikan dukungan terhadap lisensi perpetual Unity 5 dengan fitur baru dan update baru pada 3 Maret 2017.
Bagaimana tanggapan anda para pengguna atau developer game yang menggunakan Unity sebagai engine game anda ?
berita asli mengenai hal ini bisa di akses di official blog unity
Dan jangan lupa untuk gabung di forum Developer Unity Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar