Manaj.
Layanan Sistem Informasi
“
Analisa Pelayanan Publik milik Pemerintah terkait Manajemen Layanan Sistem Informasi”
Disusun untuk
melengkapi tugas Mata Kuliah Manaj. Layanan Sistem Informasi
Dosen :
Dina Agusten
Disusun oleh :
Muhammad Adam
Zhafran 14116664
Kelas 2KA24
Fakultas Ilmu
Komputer Dan Teknologi Informasi
Jurusan S1
Sistem Informasi
Universitas
Gunadarma (2017-2018)
Jl. KH Noer Ali,
Kalimalang Bekasi (eks Duta Plaza)
Telp: (021)
8886011
BAB I
PENDAHULUAN
ITSM
merupakan konsep manajemen yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada
pelanggan/pengguna dengan menggunakan layanan teknologi informasi. Tentunya pemerintahan
telah mengimplementasikan ITSM untuk melayani masyarakatnya. Pada artikel ini,
penulis akan menganalisa ITSM pada pelayanan pubilk yang telah
diimplementasikan oleh pemerintah.
BAB II
PEMBAHASAN
Kali
ini penulis akan membahas pelayanan informasi dari Pemerintah Jakarta yang
tersedia pada website https://jakarta.go.id/. Pada webiste
tersebut terdapat beberapa pilihan pada beranda yang masing-masing memliki
informasi yang berbeda pada setiap pilihan.
Pilihan
“MENGENAL JAKARTA” memiliki informasi yang mendalam tentang Jakarta.
Pilihan
“DATANG DAN KUNJUNGI” memiliki informasi tentang acara yang ada pada lokasi
tertentu di Jakarta dan Transportasinya.
Pilihan
“BISNIS JAKARTA” menyediakan informasi tentang urusan bisnis di Jakarta.
Pilihan
“HIDUP DI JAKARTA” menyediakan informasi tentang kebutuhan hidup di jakarta.
Pilihan
“FORUM WARGA” menyediakan informasi tentang forum-forum yang ada terkait kota
Jakarta.
Pilihan
“WEBSITE TERKAIT” menyediakan informasi yang berisi website-webiste pemerintah
lainnya.
Pilihan
“LAYANAN PUBLIK” menyediakan tentang informasi layanan pengurusan Akta/Kartu
dan info nilai jual/pajak untuk masyarakat.
Pilihan “INFORMASI KEUANGAN” menyediakan informasi
tentang informasi Keuangan Kota Jakarta.
Pilihan
“INFOGRAFIS” akan mendireksikan pengguna ke webiste infografis Jakarta.
Pilihan
“ENSIKLOPEDI” akan mendireksikan pengguna ke website Ensiklopedi.
Pilihan
“PERANGKAT DAERAH” akan mendireksikan ke website menyediakan informasi tentang
perangkat daerah yang dapat di unduh.
Pilihan
“BANK DATA” akan mendireksikan pengguna ke website yang berisi data-data.
BAB III
KESIMPULAN
Pemerintah
kota jakarta sudah menyediakan layanan informasi yang sangat lengkap dan
terstruktur. Pada website kota Jakarta, masyarakat/pengguna dapat mencari
informasi dengan mudah karena informasi di website tersebut sudah
diorganisasikan sejelas mungkin. Masyarakat/pengguna hanya tinggal memilih
informasi apa yang diingkan terkait kota Jakarta. Menurut saya pemerintah
jakarta sudah bagus menyediakan layanan tersebut sehingga masyarakat/pengguna
dapat dengan mudah mencari informasi.
Referensi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar