Manaj. Layanan Sistem Informasi
“ Analisa Manajemen Layanan Sistem Informasi ”
Disusun untuk melengkapi tugas Mata Kuliah
Manaj. Layanan Sistem Informasi
Dosen :
DINA AGUSTEN
Disusun oleh :
FARDAN ALGHIPARI 12116630
RIDWAN FAJAR 16116355
MUHAMMAD ADAM ZHAFRAN 14116664
KELAS 2KA24
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
DAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN S1 SISTEM
INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
(2017-2018)
Jl.
KH Noer Ali, Kalimalang Bekasi (eks Duta Plaza)
Telp: (021) 88860117
BAB I
PENDAHULUAN
Menganalisa
terkait Manajemen Layanan Sistem Informasi.
·
Pengertian manajemen
dan manejemen layanan sistem informasi.
·
Contoh manajemen
layanan sistem informasi.
·
Metode manajemen
layanan sistem informasi.
·
Kerangka kerja
manajemen layanan sistem informasi
BAB II
PEMBAHASAN
Apa
itu Manajemen Layanan Sistem Informasi ?
Manajemen
adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan dalam
organisasi atau perusahaan dengan bekerja sama.
Jadi
manajemen layanan sistem informasi adalah suatu metode pengelolaan dalam sistem
informasi untuk mendapatkan konsumen layanan sistem informasi pada dunia bisnis
perusahaan dan setiap bidangnya.manajemen layanan sistem informasi yaitu proses
kerja dari dunia bisnis,karena didalam dunia bisnis itu kita memerlukan
penggunaan dalam suatu produk atau aplikasi secara detail detail dan
menstrukturkan aktivitas suatu sistem informasi yang dikelola secara tersebut.
Dalam
manajemen layanan sistem informasi memiliki Strategi dalam
Dunia Bisnis, yaitu :
·
Strategi rencana
·
Strategi pola, dan
·
Startegi posisi
Strategi
rencana
adalah strategi yang memberikan rumusan masalah atau solusi pada organisasi
atau perusahaan yang akan diarahkan dan untuk mecapai tujuan dalam jangka
panjang.
Strategi
pola
atau yang disebut taktik, maksudnya taktik adalah bagaimana cara menjual produk
dengan bertujuan memenangan dalam tender yang berbentuk aplikasi.
Strategi
posisi yaitu
strategi untuk menetukan kepala bagian dalam organisasi atau perusahaan.
1. Total
quality management (TQM) adalah untuk menanamkan atau kualitas pada semua
proses organisasi atau perusahaan.
2. Bussines
process management (BPM) adalah untuk mencapai efektivitas dan efisiensi bisnis
dalam organisasi dengan teknologi tersebut.
3. Six
Sigma merupakan alat manajemen baru yang menggantikan TQM yang memiliki fokus
pengendalian kualitas dengan cara mendalami sistem produksi perusahaan secara
keseluruhan. Tujuannya adalah untuk mempercepat waktu produksi, memotong biaya
dan meniadakan cacat produksi.
4. Capability
Maturity Model Integration (CMMI) merupakan pendekatan perbaikan proses dengan
cara meberi unsur penting proses yang efektif untuk organisasi.
Framework
adalah sebuah aplikasi atau software untuk memudahkan dalam membuat aplikasi
dengan berbagai fungsi dan konsep.
- · Information technology infrastructure (ITIL) merupakan suatu teknik pengelolaan infrastruktur dalam pengembangan topik serta operasi teknologi informasi.
- · Application services library (ASL) digunakan untuk menggambarkan, memproduksi, mengelola, dan memilihara pada aplikasi tersebut.
- · Microsoft operations framework (MOF) adalah bertujuan untuk menerapkan layanan yang cepat dengan hemat biaya.
- · Business information services library (BISL) bertujuan untuk menggambarkan strategi dan tujuan dalam suatu proses manajemen layanan sistem informasi (organisasi).
Contoh
dari manajemen layanan sistem informasi, yaitu data bank untuk mengelola data
pada tabungan atau pinjaman(tunjangan) dalam sebuah organisasi atau perusahaan.
Struktur
bank terdiri dari : layanan, kerjasama, keuangan, akuntansi, dan kepegawaian.
Berikut adalah video penjelasan tentang ITSM.
BAB III
PENUTUP
Jadi
manajemen layanan sistem informasi adalah pengorganisasian seperti menyusun
perencanaan, membangun organisasi dan pengorganisasiannya, pergerakan, serta
pengendalian atau pengawasan pada proses pemenuhan kebutuhan yang diperlukan
dalam sistem informasi.
Referensi
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar