Muhammad Adam Zhafran
14116664
2KA24
Bab I
Sejarah Perkembangan Sistem dan Teknologi Informasi
Banyak di kalangan masyarakat yang belum mengetahui definisi
dan perbedaan tentang Sistem informasi dengan Teknologi Informasi. Sistem
informasi menurut Gordon B. Davis ialah suatu sistem yang menerima input
data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan
hasilnya.
Sedangkan teknologi informasi menurut Kenneth C.Loudon,
teknologi informasi adalah salah satu alat yang digunakan oleh para manajer
untuk mengatasi perubahan (perubahan informasi yang telah diolah dan dibuat
sebelumnya dalam penyimpanan komputer) yang terjadi. Jadi teknologi memanfatkan
teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan,
mengkomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.
A. Sejarah Teknologi Informasi
Manusia telah hidup semenjak 209 ribu tahun yang lalu,
semenjak dari itu manusia terus berkembang dan mulai berkomunikasi terhadap
sesama manusia. Komunikasi menjadi satu alat yang sangat penting bagi perdaban
manusia, dan untuk berkomunikasi manusia atau mahluk lainnya pun butuh sesuatu
yang sama-sama dimiliki yaitu bahasa. Bahasa yang sama dan dimengerti oleh satu
sama lain, tidak pernah berubah tetapi terus berkembang sejalan dengan
intelektualitas manusia yang semakin meningkat. Bahasa dapat berupa angka,
alfabet, simbol. maupun isyarat. Sudah banyak bukti tentang bahasa(cara
berkomunikasi) yang ditunjukkan pada peninggalan sejarah. Walaupun mungkin
manusia memiliki bahasa yang berbeda disetiap lingkungan, tetapi bahasa tetap
mempunyai satu fungsi yang sama yaitu menyatukan dan memajukan masyarakatnya.
Bahasa terus berevolusi dari bahasa yang digunakan untuk konteks lingkungan
yang kecil seperti desa sampai menjadi bahasa nasional yang menjadi bahasa
utama atau wajib setiap negara.
Dengan masyarakat yang semakin menyadari pentingnya
komunikasi, banyak para inventor yang membuat alat komunikasi seperti pada
tahun 1876 Melvyl Dewey mengembangkan sitem penulisan Desimal.
Lalu pada tahun 1877 Alexander Graham Bell
mengembangkan telepon yang dipergunakan secara umum. Dari eksistensi telepon
yang pada zaman dahulu hanya tersedia di institusi pemerintahan atau
perkantoran, sampai mulai digunakan untuk setiap rumah, hingga sekarang ini digunakan
oleh setiap orang. Dari yang cara penggunaanya menghubungi operator kepada
siapa kita akan melakukan panggilan, sampai mulai menggunakan nomer telepon
masing-masing. Dari yang cara penggunaanya diputar, lalu ditekan, sampai
disentuh.
Pada tahun itu juga fotografi dengan kecepatan tinggi
ditemukan olehEdweard Maybridge. Pada tahun 1899 telah dipergunakan sistem
penyimpanan dalam tape (pita) magnetis untuk yang pertama. Dan memberikan
inspirasi pada Zvorkyn untuk menciptakan tabung TV (Televisi) yang
pertama pada tahun 1923.
Dan internet pertamakali diciptakan oleh ARPANET tahun 1969.
Pada 1972 Ray Tomlinson menciptakan aplikasi surat
elektrolik yang pertama, lalu pada 1982 kata “email” pertamakali
digunakan. Email digunakan untuk mengirimkan pesan lewat internet.
Pertukaran informasi dan keterikatan manusia dengan manusia
yang memicu pembuatan komputer. Komputer dibuat untuk membuat kalkulasi
matematikan yang kompleks semjadi mudah dan memudahkan pekerjaan manusia.
Charles Babbage adalah Bapak Komputer, Babbage adalah orang pertama yang
membuat komputer, sedangkan Alan Turing adalah Bapak Komputer Modern,
Turing membuat komputer modern pertama kalinya untuk membantu Inggris
memenangan perang melawan Jerman.
Dengan berkembangnya zaman, teknologi informasi yang
merupakan gabungan antara teknologi perangkat keras (hardware) dan perangkat
lunak (software). terus menawarkan berbagai konten yang berupa elektronik yang
dapat dipergunakan di perangkat smartphone dan komputer seperti e-government,
e- commerce, e-education, e-medicine, e-laboratory, dll.
B . Perkembangan Komputer
Komputer yang pada zaman sekarang ini telah menjadi barang
yang wajib dimiliki dengan memiliki berbagai fungsi dari a sampai z. Komputer
juga telah memiliki perang yang sagat penting bagi perkembangan global.
Peribahasa mengatakan Tak Kenal Maka Tak Sayang, maka dari tidaklah salah jika
kita lebih mengenal sejarah dan perkembangan tentang komputer.
Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Komputer generasi pertama adalah Electronic Numerical
Integrator and Calculator (ENIAC) yang merupakan komputer digital elektronik
yang digunakan untuk kebutuhan umum. Program ENIAC dirancang pada tahun 1942,
dan mulai dibuat pada tahun 1943 oleh Dr. John W. Mauchly dan John Presper Eckert
di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan baru
selesai pada tahun 1946. ENIAC berukuran sangat besar, untuk penempatannya
membutuhkan ruang 500m2. ENIAC menggunakan 18.000 tabung hampa udara, 75.000
relay dan saklar, 10.000 kapasitor, dan 70.000 resistor. Ketika dioperasikan,
ENIAC membutuhkan daya listrik sebesar 140 kilowatt dengan berat lebih dari 30
ton, dan menempati ruangan 167 m2. Yang pertama kali dikembangkan adalah
komputer untuk desain pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan yang menggagas konsep
pengembangan tersebut adalah Konrad Zuse, seorang Insinyur asal Jerman.
Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic
Comnputer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik
program atau pun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada
suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama
arsitektur Von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (Central processor unit/
CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer dikoordinasikan melalui satu
sumber tunggal. Ciri utama dari komputer generasi pertama adalah CPU.
Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang
di buat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang
memanfaatkan model arsitektur Von Neumann. UNIVAC dimiliki oleh Badan Sensus
Amerika Serikat dan General Electric.
Komputer Generasi I memiliki ciri khas, yakni instruksi
operasi dibuat secara spesifik untuk satu tugas tertentu. Setiap komputer
memiliki program kode-biner masing – masing yang berbeda yang disebut “Bahasa
Mesin”(Machine Language).
Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan
membatasi kecepatannya.
Karakteristik komputer Generasi I :
a. Sirkuitnya Menggunakan Tabung Hampa.
b. Komputer mempunyai silinder magnetik untuk
menyimpan data.
c. Programnya hanya bisa dibuat menggunakan bahasa mesin.
d. Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas
tertentu.
e. Menggunakan Konsep Stored Program dengan memori utamanya
adalah Magnetic Core Storage.
f. Menggunakan Simpanan Luar Magnetic Tape dan Magnetic
Disk.
g. Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruang yang luas.
h. Suhunya cepat panas, sehingga diperlukan pendingin.
i. Prosesnya kurang cepat.
j. Daya simpannya kecil.
k. Membutuhkan daya listrik yang besar.
Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)
Karena generasi 1 berukuran sangat besar maka para ilmuwan
mulai mengembangkan teknologi resistor. Mesin pertama yang memanfaatkan
teknologi resistor ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama
Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini,
yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah
besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin
tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi
bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM
1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir
seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses
informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan , bahasa
pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer.
Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang
pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak
faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau
menghitung daftar gaji.
Jenis-jenis komputer lain yang muncul pada generasi ini
diantaranya UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, dan 1107, IBM 7070, 7080, 1400, dan
1600.
Karakteristik Komputer Grenerasi II:
a. Memiliki transistor dibanding dengan tabung.
b. Memiliki sistem penyimpanannya sendiri. Yaitu, Kapasitas
memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage dan menggunakan simpanan
luar berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
c. Tidak lagi menggunakan bahasa assembly
d. Transistor yang banyak menghasilkan panas yang cukup
besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer yaitu
quartz rock (batu kuarsa).
Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)
Karena Komputer Generasi II menggunakan transistor yang
membuat komputer menjadai cepat panas, maka pada generasi ketiga ini para
pengembang mulai meninggalkan resistor. Komputer generasi ketiga muncul sejak
era 1964-1970an.
Jack Billy pada 1958, menciptakan komponen yang lebih
canggih dibandingkan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Yakni
IC atau Integrated Circuit chip kecil yang mampu menampung banyak komponen
menjadi satu.
Karakteristik komputer generasi ketiga adalah:
a. Karena menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih
cepat dan tepat. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer
generasi pertama.
b. Peningkatan dari sisi software.
c. Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan
ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
d. Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik
(external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access)
dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
e. Penggunaan listrik lebih hemat.
f. Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
g. Telah menggunakan terminal visual display dan dapat
mengeluarkan suara
h. Harganya semakin murah.
i. Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer
lain.
Produk Komputer Generasi III adalah IBM S/360, UNIVAC 1108,
UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, NCR Century, GE 600, CDC 3000, 6000,
dan 7000, PDP-8, dan PDP-11 (pabrik pembuatnya adalah Digital Equipment
Corporation)
Komputer Generasi Keempat (1979 – 2000an)
Pada generasi ini, komputer yang menggunakan chip IC
kemudian dikembangkan lagi. Perusahaan Very Large Scale Integration mencoba
melakukan pengembangan tersebut pada 1980-an. Walhasil, satu chip tunggal dapat
menampung ribuan komponen.
Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang dianggap sebagai
komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang
disebut juga dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration. LSI merupakan
pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah keping IC yang
disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi
empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very
Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan
ribu IC.
Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan
mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer
internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.
Perusahaan Intel pada tahun 1971 memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang
menggunakan chip prosesor dengan nama 4004 yang berisi 230 transistor dan
berjalan pada 108 KHz (Kilo-Hertz) dan dapat mengeksekusi 60.000 operasi per
detik.
Dilanjutkan pada tahun 1972, Intel memperkenalkan
mikrokomputer 8008 yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu. Selanjutnya
mikroprosesor 8080 dibuat pada tahun 1974, dan merupakan prosesor untuk tujuan
umum pertama.
Sebelumnya prosesor 4004 dan 8008 dirancang untuk kebutuhan
aplikasi tertentu, dan prosesor 8080 memiliki kemampuan lebih cepat dan memilki
set instruksi yang lebih kaya, serta memiliki kemampuan pengalamatan yang lebih
besar.
Karakteristik Komputer Generasi IV:
a. Tampilan monitor masih satu warna (green color).
b. Adanya mikrocomputer.
c. Tidak satupun yang PC-Compatible atau
Macintosh-Compatible.
d. Muncul istilah PC (personal Computer).
e. komputer sudah memiliki Large Scale Integration (LSI)
.Produk Komputer Generasi IV adalah IBM 370, Apple I dan
Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan Altair yang menggunakan prosesor Intel 8080,
dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan bahasa
pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code).
Komputer Generasi Kelima (Sekarang)
Pada perkembangan selanjutnya perubahan besar terjadi bahwa
sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan menjadi satu-satunya manufaktur
PC-compatible, maka standar baru dalam dunia industri PC lebih dikembangkan
oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W. Bill
Gates yang menjadi pionir standar hardware dan software dunia. Dan dilanjutkan
dengan munculnya Smartphone.
Sejarah perkembangan komputer generasi kelima adalah komputer
yang kita gunakan sekarang ini. Pada generasi ini ditandai dengan munculnya:
LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke
dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya
microprocessor dan semi conductor.
Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di
antaranya adalah Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di
pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004,
8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium.
Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation
yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk
sebelumnya. Di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4
juga bertambah menjadi 2 Ghz.
Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor Itanium yang merupakan
prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama.
Itanium merupakan prosesor pertama milik Intel dengan
instruksi-instruksi 64 bit dan akan menelurkan satu generasi baru dari sistem
operasi dan aplikasi, sementara masih mempertahankan backward compatibility
dengan software 32 bit.
Perlu diketahui bahwa sejak dikeluarkannya prosesor 386,
komputer beroperasi pada 32 bit per satuan waktu dalam mengeksekusi informasi
hingga Pentium 4. Hingga sekarang komputer yang digunakan kebanyakan masih yang
berbasis 32 bit.
Meskipun komputer pada generasi ini ukuran fisiknya menjadi
lebih kecil dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin canggih.
Karakteristik Komputer Generasi V:
a. Resolusi gambar yang bagus
b. Komputer 32 bit dan 64 bit.
c. Teknologi AI (Artificial Inteligence)
d. Munculnya Smarphone.
e. Berbasic GUI (Graphical User Interface)
Pada generasi kelima ini, telah dilakukan pengembangan
dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan menggantikan
chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara
teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik.
Contoh-contoh komputer yang lahir pada generasi kelima
berbasis x86, seperti chip 286 yang diperkenalkan pada tahun 1982 dengan
134.000 transistor, kemudian chip 386 pada tahun 1983 dengan 275.000
transistor, sedangkan chip 486 diperkenalkan tahun 1989 yang memiliki 1,2 juta
transistor.
Selanjutnya pada tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga
prosesor 586 yang disebut Pentium 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk
melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Kemudian dilanjutkan pada
generasi berikutnya yaitu Pentium 2, 3, dan 4.
C. Perangkat Komputer
1. Monitor
Monitor ini mmpunyai fungsi sbagai alat output yaitu tempat
untuk mengeluarkan hasil proses yang dilakukan oleh komputer berupa informasi
yang dibutuhkan oleh pemakai komputer.
2. CPU (Central Processing Unit)
CPU berfungsi sebagai pengendali proses kinerja computer dengan
kata lain yaitu sbagai tempat mengatur semua instruksi program pada komputer
& sbagai pengelola semua aktivitas kinerja di dalam komputer.
3. Printer
Printer berfungsi untuk untuk mencetak data seperti tulisan,
gambar/foto pada kertas.
4. Scanner
Scanner ini seperti mesin fotocopy & berfungsi untuk
mengkopy data objek & dipindahkan kedalam memory komputer & hasilnya
dapat dilihat pada monitor komputer.
5. Mouse
Mouse berfungsi untuk menunjuk posisi kursor / pointer pada
layar komputer secara cepat.
6. Keyboard
Keyboard berfungsi untuk mengetik / memasukkan huruf, angka,
karakter khusus serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file &
membuka file.
7. Speaker
Speaker berfungsi untuk merubah gelombang listrik dari
perangkat audio menjadi gelombang suara atau getaran.
8. Modem
Modem berfungsi alat komunikasi dua arah & saat ini
lebih digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.
9. Stabilizer
Fungsi stabilizer untuk menstabilisikan tegangan listrik
apabila voltase listrik turun.
10. Harddisk
Fungsi harddisk untuk menyimpan data komputer &
penyimpanan Operation System (OS) serta sbagai alat booting komputer.
11. RAM / Modul Memori
Fungsi RAM / Memori adalah sebgai perangkat yang menyimpan
proses kinerja komputer untuk sementara sehingga membuat akses data yang sama
lebih cepat.
12. Power Supply
Power Supply berfungsi sbagai penghantar arus listrik,
kontrol voltase pada perangkat keras komputer.
13. Kabel Data
Kabel data berfungsi untuk mengirim data atau menerima data
komputer.
14. Kabel Display Output
Contohnya adalah kabel VGA, DVI, HDMI, dan DisplayPort.
Fungsi kabel ini adalah untuk menampilkan out put / hasil pengolahan data
komputer & selanjutnya bisa bisa dilihat di layar monitor.
15. Fan / Kipas
Fungsi fan adalah sbagai pendingin perangkat komputer,
seperti processor, harddisk dan GPU.
16. LAN Card
Fungsi LAN Card untuk menghubungkan antara komputer satu
dengan yang lainnya dalam jaringan LAN.
17. Motherboard
Fungsi Motherboard / Mobo sebagai wadah / papan sirkuit
utama tempat macam-macam komponen elektronik yang saling terhubung yang
memiliki chip bios, jalur-jalur & juga konektor sbagai penghubung dari
masing-masing perangkat yang terpasang.
18. Processor
Fungsi processor untuk merespon & mengolah segala
intruksi yang menghidupkan komputer.
19. Headsets
Fungsi headsets untuk mendengarkan suara & berbicara
dengan perangkat komunikasi atau komputer.
20. Microphone
Fungsi microphone adalah menangkap gelombang suara &
mengubahnya menjadi arus listrik.
21. CD-ROM
Fungsi Cd-ROM sebagai tempat untuk proses burning, copy CD
& install software yang menggunakan CD/DVD.
22. CD / DVD
Fungsi CD/DVD untuk menyimpan data dengan menggunakan media
piringan.
23. Flashdisk
Fungsi Flashdisk untuk menyimpan data-data secara portable.
24. Webcam
Fungsi Webcam sbagai alat bantu perekaman video untuk sisi
user misalnya untuk public streaming di media seperti YouTube.
25. Joystick
Fungsi joystick sebagai alat bantu untuk memainkan permainan
/ game.
26. GPU
Fungsi GPU adalah sebagai penghubung peralatan proses data
dengan peralatan output berupa layar monitor & juga dapat memaksimalkan
fungsi layar sehingga dapat menampilkan grafis dalam resolusi & kualitas
warna yang terbaik & juga dapat mempercepat kinerja software Operation
System.
27. Sound Card
Fungsi Sound Card sbagai penghubung output audio ke speaker,
penghubung input suara ke komputer melalui mikrofon.
28. UPS
Fungsi UPS untuk menyimpan/menyediakan arus listrik
tambahan.
D. Pemanfaatan Sistem/ Teknologi Informasi
Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa
sistem/teknologi informasi yang saling berkaitan memiliki kunci penting bagi
peradaban umat manusia. Sekarang setiap orang makin banyak yang memanfaatkan
teknologi disegala bidang untuk meningkatkan efsiensi, efektifitas, dan juga
meningkatkan pendapatan. Maka dari itu kita akan membahas pemanfaatan
sistem/teknologi informasi.
1). Bidang Bisnis dan Ekonomi
Dengan memanfaatkan IT untuk bisnis akan memberikan dampak
yang sangat besar untuk keberlangsungan perusahaan di dunia.
- IT dapat memperluas pangsa pasar.
- IT dapat meningkatkan efisiensi operasional dan waktu.
- IT dapat mengurangi biaya produksi dan operasional.
- IT dapat memberikan keunggulan kompetitif.
- IT dapat memberikan peluang bisnis baru.
- e-Commerce
- e-Money
2). Bidang Pendidikan
Pendidikan sangatlah penting untuk memprsiapkan generasi
muda dimasa mendatang, mengedukasi generasi muda adalah kunci keberhasilan, mak
dari itu banyak sekolah yang memanfaatkan teknologi untuk menunjang para
muridnya.
- e-Library
- e-Learning
- virtual class
- Internet yang akan membantu tugas murid
3). Bidang Politik
Teknologi informasi juga dimanfaatkan dalam bidang politik
seperti saat mengkampanyekan calon gubernur atau presiden, dan pada saat
pemilihan presiden. Pada pemilihan presiden teknologi informasi ddigunakan
untuk mendata calon pemilih baik yang berada didalam ataupun diluar negeri,
seperti pemilihan online. Adapun juga berbagai lembaga yang melakukan Quick
Count dalam perhitungan isi suara pemilihan presiden.
4). Bidang Pemerintahan
Pernah mendengah e-Goverment? itu merupakan produk dari
pemanfaatan teknologi informasi oleh pemerintah pusat maupun daerah agar dapat
lebih dekat dengan masyarakatnya. Dan juga adanya e-KTP yang dimaksudkan untuk
mendata semua warga negaranya secara elektronik agar semua datanya dapat
diback-up, tidak akan terjadi double data, dan juga lebih efisien dan hemat
kertas dan ruang.
5). Bidang Kesehatan
Dalam bidang kesehatan, teknologi informasi banyak
dimanfaatkan untuk mendata pasien hingga menjadi alat untuk memeriksa pasien,
seperti alat USG yang merupakan komputer. Sekarang banyak situs – stus didunia
maya yang berguna untuk mengkonsultasikan kesehatan, adapun juga
aplikasi-aplikasi kesehatan yang digunakan untuk mendiagnosis penyakit.
6). Bidang Industri
Dalam industri, teknologi informasi sangat akan membantu
operasional sebuah pabrik. Seperti absensi elektronik, mesin-mesin, pekerja,
distribusi, hingga penggajian para pekerja.
Sejarah Teknologi Informasi
Bab II
Perkembangan Perangkat Keras & Perangkat Lunak
Sebuah komputer terdiri dari perangkat keras dan perangkat
lunak. Hardware dan Software sangat terikat karena bila kurang satu saja
komponen dari hardware maupun sofware maka komputer tidak akan bekerja secara
maksimal
A. Pemahaman Komponen Perangkat Keras
Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer,
dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di
dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan
instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Lebih jelasnya
Perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh
manusia.
Berdasarkan kegunaannya, Perangkat keras komputer terbagi
atas :
1. Peralatan Input
Peralatan input atau peralatan masukan berfungsi sebagai
alat untuk memasukkan (input) data dan program ke dalam komputer untuk diproses
menjadi informasi atau keluaran.
Peralatan input dapat dibedakan seperti berikut:
a. Keyboard (papan ketik)
Keyboard adalah peralatan standar yang ada pada setiap
komputer. Keyboard adalah sebuah papan yang berisi tombol tekan yang dapat
menghasilkan karakter di monitor sesuai dengan tombolnya. Setiap tombol
mempunyai sepasang terminal yang bekerja terhubung atau tidak. Susunan sakelar
ini berupa baris dan kolom sehingga disebut matriks. Pertemuan baris dan kolom
ini akan menghasilkan sebuah tanda atau karakter. Karakter yang timbul adalah
hasil transfer kode oleh prosesor dan rangkaian keyboard.
1. Function key ditandai dari F1,F2 sampai dengan F12
yang memiliki fungsi tertentu sesuai dengan perintah yang dijalankan.
2. Cursor key digunakan untuk menggerakkan kursor.
3. Numerical key atau juga dissebut keypad merupakan
tombol-tombol angka yang susunan dan fungsinya seperti tombol pada kalkulator,
biasanya juga disebut tombol kalkulator.
4. Enter untuk mengeksekusi perintah, mengakhiri pengetikan
dan pindah ke baris berikutnya.
5. ESC tombol untuk membatalkan perintah.
6. Backspace tombol untuk menghapus karakter / huruf di
sebelah kiri kursor.
7. Del/Delete tombol untuk menghapus karakter / huruf pada
posisi kursor.
8. Ins/Insert tombol untuk menyisipkan karakter / huruf.
9. Ctrl dan Alt tombol yang bila ditekan bersama tombol lain
akan memiliki fungsi tertentu.
10. Shift digunakan dengan tombol lain untuk mengetikkan
karakter symbol yang ada di tombol dan untuk menghasilkan huruf capital.
11. Capslock tombol mode untuk huruf capital.
12. Tab tombol untuk memindah kursor ke tanda tab
(tabulasi).
13. PageUp dan PageDown tombol untuk menggulung naik dan
turun satu layar.
14. Home tombol untuk mengarahkan kursor menuju pada awal
baris.
15. End tombol untuk mengarahkan kursor menuju pada akhir
baris
b. Mouse
Mouse adalah perangkat alat yang digunakan untuk
menggerakkan penunujuk (pointer atau kursor) dengan cepat. Mouse mempunyai
sebuah bola yang dapat memutar sumbu roda yang mempengaruhi sensor cahaya.
Sensor ini berpasangan dengan pemancar cahaya dan saat roda berputar pada
sumbunya, maka cahaya dan sensor akan terhalang dan terhubung secara periodik.
Akibatnya rangkaian yang dihubungkan dengan sensor ini akan menerima sinyal dan
tidak, sesuai dengan cahaya yang masuk ke sensornya. Sensor mouse ini terdiri
dari sensor untuk gerakan panah mouse arah vertikal dan arah horizontal.
Jenis mouse sebagai berikut,
1. Mechanical (Wheel) mouse, yaitu mouse dapat bergerak ke
segala arah berdasarkan pergerakan bola kecil yang ada di dalam mouse.
2. Optical mouse, yaitu mouse dengan menggunakan sensor
optic.
3. Laser mouse, yaitu mouse dengan teknologi laser.
4. Wireless mouse adalah mouse yang tidak menggunakan kabel.
c. Scanner
Scanner (pemindai) adalah alat untuk memindai atau menyalin
dokumen tercetak seperti gambar, foto, atau tulisan menjadi data digital yang
dapat diproses oleh komputer dalam sebuah data digital.
Ada beberapa jenis alat scanner, seperti :
- Scanner gambar
- Scanner barcode
- Scanner sinar-x
- Scanner cek
- Scanner logam
- Scanner Optical Mark Reader (OMR)
- Scanner 3 dimensi
Scanner sendiri dapat dikelompokkan berdasarkan cara
memasukkan kertas, scanner gambar terdiri atas 2 jenis, yaitu:
1. FlatbedPada pemindai gambar Fladbed, kertas diletakkan di
atas kaca pemindai, kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak menyusuri
kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.
2.Automatic Document Feeder (ADF)Pada pemindai gambar
Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada tray, lalu satu
per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad
assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor
pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas
tersebut. Keunggulan pemindai Automatic Document Feeder (ADF) adalah:
- kecepatannya tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per
jam
- dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang
bersamaan dengan imprinter
pemindai dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah
dipindai sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi Digital
Mark Reader serta untuk pengarsipan dan manajemen dokumen.
d. Joystick
Joystick (tuas kendali) adalah alat masukan komputer
yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat
mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer . Joystick ini
umumnya digunakan untuk memasukkan perintah pada dan sebagai pelengkap untuk
memainkan permainan video game yang di lengkapi lebih dari satu tombol
digunakan untuk memasukkan perintah pada saat kita menjalankan game komputer.
Bentuk joystick menyerupai sebuah tongkat yang dapat kita gerakkan ke beberapa
arah, dan dilengkapi dengan tombol-tombol di bagian atas.
e. Trackball
Trackball (bola jejak) adalah piranti penunjuk yang berupa
sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan
umumnya terdapat pada mouse modern. Trackball memiliki fungsi yang hampir
sama seperti joystick, yaitu untuk memasukkan perintah pada saat kita memainkan
game, trsckbsll ini menyimulasikan pergerakan vertikal mouse, sehingga pengguna
tidak perlu menggerakkan muuse berulang kali untuk dapat menaikkan atau
menurunkan layar. Di dalam trackball ini terdapat bola berukuran cukup besar
sehingga ,udah untuk digerakkan.
f. Barcode Reader
Barcode reader adalah alat yang digunakan untuk membaca
kode-kode berbentuk garis-garis vertikal (disebut dengan BARCODE) yang
terdapat pada kebanyakan produk-produk pelanggan . Penggunaan barcode scanner
ini mempunyai dua keuntungan tambahan. Yang pertama akan memperkecil kesalahan
input yang disebabkan kesalahan operator komputer atau kasir. Yang kedua,
penggunaan barcode scanner mempercepat proses entry data, sehingga mengurangi
jumlah antrian yang panjang.
g. Mikrofon
Mikrofon berfungsi untuk memasukkan data berbentuk suara ke
dalam komputer.Dengan bantuan perangkat lunak tertentu, input suara tersebut
dapat kita edit dan kita simpan di komputer.
h. Touch Sreen
Touch screen atau layar sentuh adalah alat masukan yang
memungkinkan kita memasukkan data maupun instruksi ke komputer melalui
sentuhan. Kita dapat menjumpai touch screen di tempat‐tempat umum yang
menyediakan informasi untuk umum atau di mesin ATM. Touchscreen ini telah
banyak kita jumpai di kehidupan sehari-hari kita seperti di HP atau di tablet.
i. Kamera Digital
Kamera digital lebih mudah digunakan karena karena tidak
menggunakan kertas film. Pengguna dapat mengambil gambar sebanyak‐banyaknya
tanpa perlu takut gagal karena gambar yang buruk dengan mudah dapat dihapus.Di
samping itu, file foto digital lebih mudah dipindah salin ke CD atau DVD.
Dengan kamera ini dapat mempermudah kita juga untuk mengambil moment-moment
berharga yang kita lewati kapanpun, dan saat kita berada dimanapun.
j. Kamera Video
Kamera video atau sering disebut camcorder adalah alat untuk
merekam objek bergerak hingga menjadi file video atau film. Hasil rekaman dapat
ditransfer ke komputer dan diolah dengan perangkat lunak khusus. Hasilnya
kemudian dapat kita salin ke CD atau DVD.
2. Peralatan Proses
Proses merupakan instruksi atau perintah yang dikerjakan
oleh komputer untuk menjalankan operasi data serta operasi aritmatik dan logika
yang dilakukan pada data. Pemrosesan data dalam sebuah perangkat komputer
dikerjakan oleh CPU (Central Processing Unit/ Unit Pengolah Pusat). Selama
proses data, data tersebut diubah bentuk, urutan, dan strukturnya sedemikian
rupa sehingga didapatkan hasil yang diinginkan. Proses kerja komputer merupakan
satu rangkaian kerjasama antar beberapa komponen. Kinerja komputer tidak
ditentukan atau didominasi oleh suatu alat, namun paduan dari sejumah komponen.
Hasil dari pemrosesan tersebut disimpan dalam media penyimpanan data. CPU pada
komputer mikro disebut dengan micro-processor (pemroses mikro). Micro¬processor
adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu (integrated circuit) sehingga tak
heran kalau istilah processor seringkali digunakan juga untuk menyebut CPU.
a. Prosesor
Processor adalah alat utama yang berfungsi mengolah
datasecara digital. Processor sendiri sering disebut sebagai otak dan pusat
pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah
sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan
digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan
perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah
disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain
asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat
besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan
kapasitas processor. Di Indonesia kita mengenal beberapa merk prosesor,
diantaranya Intel, AMD (Advanced Micro Device), Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT,
PowerPC dan Cyrix.
b. RAM ( Random Access Memory )
RAM ( Random Access Memory ) adalah sebuah tipe penyimpanan
komputer yang isinya dapat diakses seketika tanpa mempedulikan letak data
tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan sequential memory (memori urut),
seperti pita magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari memori
tipe ini memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
c. Mainboard
Mainboard atau Motherboard merupakan papan utama dimana
terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu
lintas data dalam sistem mainboard . Pada Mainboard juga terdapat socket untuk
processor, RAM, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu
seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain. Penggunaan jenis
processor akan sangat mempengaruhi pemilihan motherboard.
Fungsi Mainboard adalah mengorganisasikan, mengatur dan
menentukan alat yang terpasang pada komputer, selain itu mainboard juga sebagai
pusat semua perangkat keras komputer / hardware, agar semua perangkat keras
komputer tersebut bisa berhubungan antara komponen yang satu dengan yang lain.
sebagai contoh: Processor, Memori(RAM), hardisk, optical drive, keyboard,
mouse, monitor dan semua perangkat keras komputer dipasang dan dihubungkan
dengan menggunakan motherboard sehingga komputer dapat berjalan dengan lancar.
d. Kartu VGA / GPU
Kartu VGA (Video Graph Array) adalah komponen komputer yang
berfungsi menghubungkan mainboard dengan monitor. Alat ini berfungsi memproses
tampilan pada layar monitor. Besar kecilnya resolusi dan ketajaman warna yang
ditampilkan monitor, selain ditentukan oleh monitor juga sangat ditentukan oleh
kartu VGA.
e. Kartu Suara
Kartu suarva (Sound Card) adalah suatu perangkat keras
komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara, merekam suara dan mengolah
suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun
sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari
cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
- Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel
langsung pada motherboard komputer.
- Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya
di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
- Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya
disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.
3. Alat Kontrol
CPU (Central Prosesing Unit) merupakan otak sistem
komputer, dan memiliki dua fungsi operasional, yaitu :
· ALU (Arithmetical Logical
Unit) sebagai pusat pengolah data, dan
· CU (Control Unit) sebagai
pengontrol kerja komputer.
Cara Kerja CPU
Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke
processing-devices, pertama sekali diletakkan di MAA (melalui Input-storage);
apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage,
namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage). Jika register siap
untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi
dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan
alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter.
Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung
di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar
instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU
akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang
ditetapkan. Hasilnya ditampung di Akumulator. Apabila hasil pengolahan telah
selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk
ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah
selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage
untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil
pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.
4. Alat Penyimpanan
Alat penyimpanan atau storage device adalah perangkat keras
yang berguna untuk menyimpan data dalam bentuk aslinya (biner). Penyimpanan
sendiri dikategorikan menjadi primer dan sekunder, penyimpanan primer itu
adalah RAM (memory utama) yang menguap. Penyimpanan kedua adalah penyimpanan
permanen yang tidak menguap. Kapasitas dari penyimpanan tersebut diukur dalam
kilobyte, megabyte, gigabyte dan terabyte. File dikategorikan sebagai program
file atau data file yang diubah menjadi master file atau transaksi file. Data
itu tetap dalam penyimpanan kedua untuk sementara sebelum diproses (sejumlah
proses) atau bisa menjadi proses yang cepat.
a. Hardisk
Hardisk (Cakram keras) yang biasa disingkat HDD atau
hard drive yang disingkat HD adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan
data sekunder dan berisi piringan magnetis. Hardisk diciptakan pertama kali
oleh Insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Hardisk pertama tersebut
terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan
rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan
4,4 MB. Perkembangan hardisk (Cakram keras) begitu pesat, dulu dari ukuran 0,6
meter dan zaman sekarang menjadi hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.
Lalu dahulu yang hanya berkapasitas 4,4 MB, kini sudah mencapai 1 TB (terabyte
atau 1 trilyun byte) dengan kecepatan 1000 rpm, dengan ukuran standar 3,5 inci.
Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi
tegangan listrik (non-volatile).
b. CD / DVD – ROM
CD/DVD‐ROM adalah alat yang digunakan untuk membaca CD atau
DVD. Pada awalnya alat ini hanya bisa membaca data saja. Perkembangan
teknologi membuat CD/DVD drive dapat menulis atau merekam data pada CD atau
DVD.
c. Flashdisk
USB Flashdisk atau yang lebih sering di sebut flashdisk
adalah alat penyimpanan data memori yang memiliki alat penghubung USB yang
terintegrasi. Flashdisk ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca
dan ditulisi dengan mudah. Kapasitas penyimpanan data sebuah
flashdisk cukup besar mulai dari ratusan megabyte hingga beberapa
gygabyte yaitu dari 64 megabita sampai 512 gigabita. Besarnya kapasitas
media ini tergantung dari teknologi memori yang digunakan.
d. Disket
Disket merupakan media penyimpanan data yang terbuat dari
cakram magnetik lentur (floopy). Kapasitasnya yang kecil, yakni 1,44 MB,
membuat disket tidakbanyak lagi digunakan pada masa kini, kecuali untuk
beberapa keperluan khusus.
e. Optical Disk
Optical disk atau yang sering disebut CD atau DVD merupakan
media penyimpanan berbentuk cakram berdiameter 120 mm dengan lubang berdiameter
15 mm di tengahnya. CD hanya mampu menyimpan data hingga 700 MB, sedangkan DVD
mampu menyimpan data hingga 4,7 GB bahkan 17 GB. Sehingga saat ini lebih banyak
menggunakan DVD walaupun CD tetap digunakan.
5. Alat Output
1. Monitor
Monitor atau yang biasa disebut juga screen atau display
adalah alat output utama dalam sistem komputer yang berfungsi menampilkan
perintah, video dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui alat
yang disebut kartu grafis (VGA Card) maupun hasil pengolahan data secara
langsung di dalam layar monitor. Dewasa ini kita mengenal dua jenis monitor,
yakni monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display).
Monitor ini bentuk fisiknya hampir sama dengan televisi , hanya saja televisi
biasanya mampu menampilkan informasi grafis dengan ukuran resolusi yang lebih
tinggi.
Ketajaman gambar yang ditampilkan pada sebuah layar monitor
sangat ditentukan oleh resolusi. Tipe-tipe layar atau monitor komputer sekarang
sangat beragam, mulai dari bentuknya yang besar yang memiliki layar cembung
sampai dengan monitor yang berbentuk tipis dengan layar datar (flat). Ada
beberapa jenis atau tipe monitor, tapi dalam kesempatan ini kami hanya menjelaskan
jenis dan fungsi monitor yang paling populer yaitu CRT dan LCD.
2. Printer
Printer adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan data
dalam bentuk cetakan. Ada tiga jenis printer yang saat ini beredar di pasaran,
yakni printer dot matrix, printer inkjet, dan printer laser. Ukuran kecepatan
mencetak printer biasanya dinyatakan dalam satuan cps (character per second),
lpm (line per minute) atau ppm (page per minute).
3. Proyektor LCD
Proyektor LCD adalah alat yang berfungsi menampilkan objek
yang dihasilkan komputer ke bidang lain yang lebih besar, misalnya layar
presentasi atau tembok. Ukuran kekuatan sinar yang dipancarkan proyektor LCD
proyektor biasanya dinyatakan dalam satuan ANSI lumens. Semakin besar ANSI
lumens, semakin tinggi pula intensitas LCD cahaya yang dipancarkan suatu
proyektorLCD sehingga menampilkan tampilan yang lebih baik.
4. Speaker
Speaker ( pengeras suara ) adalah alat output audio,
berfungsi mengeluarkan suara dari pengolahan data audio yang terjadi di dalam
komputer yaitu transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio
(suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk membran untuk
menggetarkan udara sehingga terjadilah gelombang suara sampai di kendang
telinga kita dan dapat kita dengar sebagai suara.
B. Pemahaman Komponen Perangkat Lunak
Setelah membicarakan menganai hardware, selanjutnya kita
akan membicarakan tentang software. Setiap komputer memiliki software yang
dapat berupa program atau aplikasi yang digunakan untuk menjalankan komputer.
Software sendiri adalah data-data yang terdapat pada sebuah komputer yang
diformat kemudian disimpan secara digital.
Ada Augusta merupakan orang pertama yang menulis perangkat
lunak, diterapkan pada Babbage’s Analytical Engine, merupakan satu-satunya
bahasa komputer yang digunakan pada Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk
mengatur dan mengendalikan alat-alat perang, taktik dan sistem strategi
pertahanan. Dan pada tahun 1945 istilah Bug pertama kali muncul. Bug
terjadi bila komputer tidak bekerja atau suatu program mengalami kesalahan,
maka para ahli mengatakan mereka sedang melakukan proses debugging, yang
dimaksud adalah mencari sebab kesalahannya.
Evolusi Perangkat Lunak
1.Era Pioner (tahun 1950 – 1960)
Penggunaan komputer saat era pioner dilakukan secara
langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era
ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya.
Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di
kerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer
berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses.
ciri-ciri:
- Proses Batch
- Distribusi Terbatas
- Pembuatan Khusus
2. Era Stabil (tahun 1970 – 1980)
Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan,
tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan
industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah
perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak
mulai bergeser menjadi sebuah produk. Pada era ini mulai di kenal sistem
basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di
proses).
ciri-ciri:
- Multi User
- Real Time
- Database
3. Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di
era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan.
Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas
menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung
oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam
perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
ciri-ciri:
- Sistem Tersebar
- Penanaman Kecerdasan
- Perangkat Lunak murah
3. Era Modern (tahun 1990 – 2000an)
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak
hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer
genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan
dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga
ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk
mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan
itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan
sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah
menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan
berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di
tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan
teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.
ciri-ciri:
- Sistem Desktop
- Teknologi objek
- Sistem Pakar
- Pemrosesan Paralel
- Jaringan Komputer
Klasifikasi Perangkat Lunak
Klasifikasi perangkat lunak terbagi menjadi perangkat lunak
sistem dan perangkat lunak aplikasi.
1. Perangkat Lunak Sistem
perangkat lunak sistem adalah perangkat lunak yang bertugas
untuk mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi
dapat melakukan tugasnya. Tanpa perangkat lunak sistem perangkat lunak aplikasi
tidak dapat dijalankan.
Perangkat lunak sistem dibagi menjadi:
1.1 Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman merupakan instruksi dan aturan yang
tertuang dalam bentuk kode-kode yang diberikan pada komputer untuk melaksanakan
suatu tugas. Manusia memberikan instruksi yang dimengerti oleh komputer melalui
bahasa pemrograman, dan komputer akan menerjemahkannya
Bahasa Pemrogaman ini dibagi menjadi 3 yaitu:
a. Low Level Language
Merupakan bahasa tingkat rendah atau bahasa mesin. Contoh
low level language adalah sebagai berikut.Machine code, merupakan kode yang
disimpan dalam bentuk angka biner (0 dan 1) di mana angka biner tersebut
berfungsi menyimpan instruksi yang diperlukan oleh mesin
b. Middle Level Language
Merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah. Contoh middle
level language adalah bahasa C dan C++. Bahasa C dan C++ merupakan compiler
untuk membuat aplikasi interfacing komputer maupun microcontroller.
c. High Level Language
Merupakan bahasa tingkat tinggi di mana struktur maupun tata
bahasa dalam penulisan program mudah dipahami oleh manusia. Contoh high level
language adalah sebagai berikut : Basic, Pascal, FORTRAN, COBOL, dan Prolog.
1.2 Sistem Operasi
Sistem Operasi merupakan bagian penting bagi komputer, dan
sistem operasi sendiri merupakan perangkat lunak yang bertugas mengontrol dan
melakukan manajemen perangkat keras / Hardware serta operasi-operasi dasar
sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi. Komputer tidak dapat
menjalankan perangkat lunak aplikasi jika kita tidak memiliki sistem operasi di
dalamnya.
contohnya : Windows, Mac Os, BeOS, DOS, UNIX, LINUX.
Tugas Sistem Operasi:
a. Mengatur User interface
b. Mengoordinasikan perangkat keras dengan perangkat lunak
yang terdapat pada komputer
c. Mengatur bagaimana perangkat lunak bisa masuk dalam
memori
d. Mengatur cara penyimpanan dan pengambilan data pada media
penyimpananMengelola semua sumber daya sistem pada komputer dan lain-lain.
1.3 Utility
merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menyelesaikan
suatu permasalahan tertentu dalam sistem komputer. Seperti membantu
pengoperasian mesin dalam komputer di antaranya mempersiapkan pemakaian media
disk, membuat duplikat (copy file), membuat atau menghapus proteksi (keamanan)
suatu sistem software, memperbaiki bagian file pada disk yang rusak, menguji
kebenaran kinerja dari komputer, dan lain-lain.
Contohnya : WinRar, Scandisk, Disk Defragmenter, Norton
Ghost, Tune Up Utilites, Advanced System Care, CC-Cleaner, dll.
2. Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi adalah jenis perangkat lunak yang
terus berkembang sesuai dengan kebutuhan manusia yang digunakan untuk
mempermudah kegiatan manusia.
2.1 Aplikasi Office
Aplikasi office adalah aplikasi yang menunjang pekerjaan
kantor seperti pendokumenan, presentasi, dan lamin sebagainya. Aplikasi office
dibagi menjadi:
1.Perangkat lunak pengolahan kata (Word Processing)
Perangkat lunak ini berfungsi untuk melakukan pengolahan
kata, yaitu pekerjaan yang berhubungan dengan naskah dan berbagai macam
administrasi surat-menyurat. Contoh: Wordstar, Microsoft Word, Amipro, Word
Perfect, OpenOffice.Org Writer.
2. Perangkat lunak pengolahan angka (Spreadsheet)
Perangkat lunak ini berfungsi untuk melakukan pekerjaan yang
banyak berhubungan dengan angka-angka, seperti penggunaan perhitungan, laporan
keuangan, dan grafik. Contoh: Lotus 123, Quatro Pro, Microsoft Excel, Symphony,
Super Calc, OpenOffice.Org Calc.
3. Perangkat lunak pengolahan data (Database)
Perangkat lunak ini berfungsi untuk melakukan pengolahan
data. Data tersebut dapat berupa angka, kata atau gabungan angka dan kata.
Contoh: dBase, Fox Base, Microsoft Access, OpenOffice.Org Base, dan lain
sebagainya.
4. Perangkat lunak presentasi
Aplikasi ini berfungsi untuk mengolah suatu data agar siap
dipresentasikan kedalam suatu proses pembelajaran atau seminar. Contoh:
Microsoft Powerpoint, OpenOffice.Org Impress, dan lain sebagainya.
2.2 Aplikasi Multimedia
Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. Di
katakan Multimedia karena selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat
memproses/menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu gambar, suara, dan film.
Aplikasi Multimedia sangat berkaitan dengan format data yang di gunakan. Contoh
perangkat: VLC, Winamp, Groove Music.
2.3 Aplikasi Internet
Aplikasi Internet adalah protokol yang digunakan untuk
berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang berjauhan.
Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) atau
sisi pengguna (client). Contoh aplikasi internet dan perangkat lunak dari sisi
pengguna yang umum di gunakan adalah :
1. HTTP (Hypertext Transfer protocol)
Merupakan aplikasi internet yang menampilkan baris kalimat
atau gambar, dengan beberapa kata yang di beri tanda garis bawah (hypertext).
Dari hypertext ini, pengguna dapat melompat dari satu dokumen (page) ke dokumen
lainnya. Perangkat lunak di sisi pengguna yang menjalankan http di kenal
sebagai browser. browser adalah Internet Explore dan Chrome.
2. E-mail
E-mail memungkinkan kita untuk bertukar dokumen satu sama
lain. Contoh perangkat lunaknya adalah Outlook Express dan Gmail.
3. Messenger
Messenger memungkinkan kita untuk komunikasi melalu teks,
juga bisa berupa suara (voice) maupun film (webcam). Contohnya: BBM, LINE.
Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
https://syifamss.wordpress.com/2016/10/04/sejarah-perkembangan-sistem-dan-teknologi-informasi/
https://pakteo.wordpress.com/2011/04/11/teknologi-informasi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar